Cara Menggunakan Central Gas System Ambulance | Merawat Alat Kesehatan

Gambar Produk 1Gambar Produk 2
Rp 8
AMBULANSIA - Artikel berikut adalah tentang prosedur petunjuk pengoperasian dan pemeliharaan alat Kesehatan dalam hal ini adalah Tabung Oxygen untuk pasien / Fixed Central Gas System Tipe Ak – 2030 buatan AKINDO ( PT. Anugrah Karya Indonesia ) alat ini ada di Ambulance AKINDO tipe VIP


PENGOPERASIAN FIXED CENTRAL GAS SYSTEM AK 2030

Central Gas System terdiri dari beberapa bagian :

2 Tabung Oxygen 1 M3, 1 set alarm Indikator Oxygen, 2 Regulator Oxygen, 2 Nepel Elbow ( Inside), 1 set selang tekanan tinggi, 2 set kran on / off , 1 set keluaran Oxygen (02 wall outlet), 1 set Flowmeter Oxygen, 1 set Humidifier, 1 buah Nassal Cannula, 1 buah masker Oxygen dengan slang

Pengecekan dan Penggunaan Central Gas System

Cek Isi Oksigen : 
Pastikan posisi Valve ON/OFF pada posisi OFF, buka kedua kran tabung oxygen dengancara memutar kea rah kiri atau berlawanqan dengan arah jarum jam, pastikan bahwa kedua tabung Oxygen sudah terisi dengan melihat meter regulator yang terpasang pada tabung dan pastikan bahwa isi Oxygen cukup untuk perjalanan yang akan di tempuh. Tutup Kembali kedua kran tabung Oxygen dengan cara memutar searah dengan jarum jam.
Cek isi botol pelembab (Humidifier) 
yang terpasang di Flowmeter dan berada pada 02 Wall Outlet, apabila kosong maka buka botol tersebut dengan cara memutar botol berlawanan arah jarum jam dan isi dengan air aqua sebatas garis pada botol yang tertulis “Max” setelah botol terisi maska pasang Kembali.
Buka salah satu kran tabung Oxygen dengan telah di buka dan selanjutnya buka posisi On pada tabung Oxygen yang telah di buka dan selanjutnya buka flowmeter dengan memutar knop pada flowmeter searah jarum jam, perhatikan meter harus naik dan botol pelembab (humidifier) keluar gelembung udara setelah itu tutup Kembali flowmeter dan juga Valve On/OFF dengan memutar ke posisi OFF . Sekarang Central Gas Oxygen diap di gunakan.\

Cara Penggunaan Central Gas System AKINDO

Apabila akan di pakai ke pasien, pasien nasal canula/masker Oxygen sesuai kebutuhan pasien pada humidifier dan pasang ke hidung pasien apabila pakai nasal atau ke mulut hidung apabila pakai masker, atur keluaran Oxygen sesuai kebutuhan dengan cara memutar flowmeter.
Apabila Indikator pada flowmeter tutun dan gelembung udara mulai berkurang serta alarm indikator yang terpasang di lemari bunyi/lampu LED nyala flashing maka kemungkinan Oxygen akan habis.
Apabila Oxygen akan habis maka pindahkan suplai Oxygen dengan tutup kran On/Off tabung 1 ke posisi Off kemudian buka kran On/Off tabung 2 ke posisi On, buka flowmeter dengan memutar knop sesuai dengan yang di butuhkan pasien.

Penggunaan Alarm Indikator Oxygen

Alarm ini berfungsi untuk memberi peringatan kepada paramedis bahwa  tekana / isi Oxygen dalam tabung hampir habis , peringatan yang di sampaikan berupa lampu LED indikatror warna merah yang nyala berkedip kedip (flashing) daan terdengar bunyi buzzer, alarm ini akan berfungsi apabila tekanan tabung Oxygen mendekati kira kira 10 kgf/cm2 atau 300 ibf/in2, berikut petunjuk penggunaan alarm oxygen:
  1. Hidupkan kunci kontak mobil pada posisi ACC 
  2. Lampu LED putih pada panel meter Oxygen akan menyala , lampu ini berfungsi untuk penerangan panel meter dan berfungsi sebagai sensor.
  3. Pada waktu tabung Oxygen posisi tertutup, pindahkan switch buzzzer pada posisi Off, dalam keadaan ini lampu indikator LED merah di panel alarm akan menyala.
  4. Buka kran tabung Oxygen dan pindahkan switch buzzer pada posisi ON, pada keadaan ini LED merah pada panel alarm akan mati dan sensor Oxygen aktif
  5. Apabila jarum pada panel meter mendekati 10 kgf atau 200 lbf maka akan terdengar bunyi buzzer dan lampu LED merah berkedip kedip
  6. Pada panel Central Oxygen apabila yang di buka hanya satu tabung, maka lampu indikator LED merah pada tabung yang satunya tetap menyala
  7. Untuk penggantian  tabung Oxygen, lepaskan dahulu jack connector yang berada di belakang panel meter, lalu putar nepel yang tersambung  pada tabung
  8. Penggantian Tabung pada central Oxygen cukup melepas nepel ulirnya saja.
Cara Mengganti Oxygen AKINDO

Buka regulator Oxygen dengan memutar kran regulator berlawanan arah jarum jam. Lepaskan pengikat oxygen dengan menarik perekatnya. Keluarkan tabung oxygen dan ganti dengan tabung yang baru. Pasang perekat tabung , pasang regulator oxygen dengan memutar searah jarum jam. Buka kran tabung pastikan tabung oxygen tidak ada kebocoran. Cek isi tabung dengan melihat regulator.



PETUNJUK PEMELIHARAAN FIXED CENTRAL GAS SYSTEM AKINDO AMBULANCE

Oxygen Cylinder 

atau umumnya ddi sebut taung oxygen, untuk tabung oxygen ini pada bagian ulirnya perlu di perhatikan, karena untuk pengisian oksigen bagian regulator yang semula tersambung pada tabung harus di lepas..
Dengan seringnya di lepas maka kemungkinan ulir tersebut menjadi halus, untuk itu pemasangan regulatornya di perlukan seal tape.

Oxygen regulator 

atau umumnya di sebut meter oxygen , regulator oksigen berfungsi untuk meregulasi besar kecilnya aliran oksigen dari sumber atau tabung oksigen kepada pengguna atau pasien dan berfungsi pula untuk mengetahui volume / isi oksigendi tabung tersebut. Kondisi untuk penyimpanan harus di simpan dalam lingkungan yang kelembabanya kurang dari 90%, tidak ada gas korosif dan berangin.

Oxygen Valve atau umumnya di sebut kran Oksigen

yang di tunjukan pada nomor 8 pada gambar di atas, pada alat ini yang perlu di perhatikan adalah skrup yang ada pada bagian atas kran. Karena fungsi kran ini membuka dan menutup saluran Oksigen, maka kemungkinan yang terjadi adalah skrup yang ada di atas kran menjadi kendor. Untuk itu apabila di rasakan fungsi kran kurang sempurna maka periksalah skrup yang ada diatas kran.


Alarm Indicator Oxygen 

ini di maksudkan untuk memberi peringatan kepada paramedic bahwa tekanan isi tabung oxygen hampir habis, peringatan yang di sampaikan berupa lampu indikator warna merah yang berkedip - kedip dan bunyi buzzer, alarm ini mulai bunyi apabila tekanan tabung oxygen mendekati kira - kira 10 kgf/cm2 atau 300 ibf/in2

Oxygen Wall Outlet 

Atau umumnya di sebut oksigen dinding, perlu di perhatikan bahwa pada bagian tengah oksigen dinding ini adalah katup saluran oksigen, jadi pada waktu memasang Flow Meter perhatikan bahwa pin saluran oksigen di flow meter tepat di tengahnya, sehingga dapat menekan katup saluran oksigen yang ada di tengahnya agar oksigen bisa mengalir ke flowmeter.



Flowmeter Oxygen With Humidifier

atau umumnya di sebut air pelembab, alat inilah yang sangat memerlukan perawatan rutin, karena sesuai dengan fungsinya sebagai pelembab, maka air yang ada di tabung ini kemungkinan cepat berkurang, untuk itu segera di isi air sesuai dengan batas yang telah di tentukan.

Nasal Oxygen Dan Oxygen Mask

atau umumnya di sebut masker oksigen , biasanya alat ini di sebut nya barang disposable alias barang habis pakai , Dengan demikian perlu di perhatikan bahwa masker oksigen ini harus di ganti dengan yang baru apabila akan di gunakan untuk pasien yang baru.

Posting Komentar