Ambulance Laut Indonesia Solusi Untuk Wilayah Terpencil Kepulauan

Gambar Produk 1Gambar Produk 2Gambar Produk 3
Rp 88.888
AMBULANSIA Laut merupakan komitmen pemerintah provinsi dalam pemerataan pembangunan akses pelayanan kesehatan khususnya untuk warga kepulauan.

AMBULANS LAUT DI BUTUKAH PEMERINTAH PROVINSI

Pemerintah Provinsi di wilayah Indonesia mendorong pemerataan pelayanan kesehatan di daerah terpencil. Wilayah kepulauan pun jadi sasaran tuk menghadirkan fasilitas kesehatan yang baik. Dalam hal ini contoh nya adalah seperti Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua, Papua Barat. Dan banyak lainnya karena wilayah Indonesia adalah wilayah kepulauan

Penyediaan ambulans laut bagi warga kepulauan menjadi salah salah satu langkah strategis peningkatan kualitas layanan kesehatan. Program ini menjadi terobosan dan program prioritas pembangunan Pemprov di wilayah Indonesia

BERITA DARI PROVINSI SULAWESI SELATAN

Pengadaan ambulance laut oleh pemerintah setempat, silahkan baca artikel ini: Tahun ini, di masa kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman telah menghadirkan ambulans laut. Bahkan sudah beroperasi di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep.

Ambulans laut itu sebelumnya sudah diserahkan gubernur kepada Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid sebagai kado istimewa Pemprov Sulsel pada HUT ke-59 Kabupaten Pangkep pada Februari 2019 lalu.

Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan penyediaan ambulans ini dimaksudkan untuk memberi pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat dalam upaya menekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Terutama bagi mereka yang berdomisili di kepulauan.

Selama ini persoalan akses menjadi kendala lambatnya penanganan kesehatan di pulau. Hal ini diklaim jadi salah satu sebab tingginya angka kematian ibu dan bayi cukup tinggi. Maka kejadian ini diharap bisa ditekan melalui layanan yang lebih cepat ke masyarakat pulau melalui ambulans laut.

AMBULANCE LAUT SPESIFIKASI DAN KELENGKAPAN

Ambulans tersebut juga dilengkapi fasilitas perawatan, hingga penanganan operasi pertama. Pelayanannya hampir mirip dengan  ruang pelayanan di rumah sakit. Namun mampu menjangkau daerah pelosok kepulauan.

Pemprov Sulsel juga telah memproses penambahan ambulans laut sebanyak 5 unit tahun ini. Diharapkan, kehadiran armada tersebut semakin bisa menjangkau daerah pelosok kepulauan yang selama ini belum tersentuh pelayanan kesehatan.

Rencananya, kelima ambulans laut bakal dibagi di kabupaten/kota di Sulsel. Diantaranya, untuk Kota Makassar, Kabupaten Sinjai, Luwu Timur, Kepulauan Selayar, dan Kabupaten Pangkep.

BIAYA PERAWATAN AMBULANCE LAUT

Ketika ada ambulance laut tentu saja membutuhkan perawatan yang makan biaya tidak sedikit, berikut saran dari pemerintah setempat : Nurdin berharap kabupaten/kota penerima bantuan ambulans tersebut bisa menyiapkan anggaran khusus untuk operasional ambulans laut agar tetap fungsional bagi warga pulau. "Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melayani masyarakat," harap Nurdin Abdullah.

FASILITAS RUMAH SAKIT TAMBAHAN UNTUK MASYARAKAT

Setelah pengadaan ambulance laiut terlaksana pemerintahan setempat juga akan maksimalkan layanan dengan membangun Rumah Sakit, seperti di beritakan di bawah ini : Pengadaan ambulans laut ini juga akan diiringi rencana pembangunan rumah sakit (RS) baru di pulau. Lokasi direncanakan dibangun di daerah Kecamatan Liukang Tangayya, Kabupaten Pangkep.

Ini dia perencanaaan dari pemerintahan provinsi setempat Jika tak ada aral melintang, rumah sakit bertipe D itu direncanakan mulai dibangun tahun 2020 mendatang. RS tersebut, diharapkan bisa menjadi pusat layanan kesehatan untuk akses penanganan masyarakat antar pulau. Wah menjadikan fasilitas semakin lengkap saja nih …

Sumber Artiker : https://sulselprov.go.id/welcome/post/tekan-angka-kematian-ibu-dan-anak-melalui-ambulans-laut



Posting Komentar